Beranda | Artikel
Makna Ulama Rabbani
Kamis, 17 Juni 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Makna Ulama Rabbani adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 7 Dzulqa’dah 1442 H / 17 Juni 2021.

Ceramah Agama Islam Tentang Makna Ulama Rabbani

Pada pertemuan yang telah lalu, kita telah nukilkan ucapan Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu: “Manusia ada tiga, yang pertama adalah seorang ulama yang rabbani (mendidik manusia diatas ilmu yang benar)…”

Lihat: Nasihat Ali bin Abi Thalib Tentang Keutamaan Ilmu dan Ahlinya

Ibnul Qayyim Rahimahullah mengomentari siapakah alim rabbani itu, apa sifatnya? Beliau berkata:

فالعالم الرباني : هو الذي لا زيادة على فضله لفاضل، ولا منزلة فوق منزلته لمجتهد

“Alim rabbani adalah orang yang tidak ada yang melebihi keutamaannya dari orang yang utama (dia telah mencapai puncaknya di kalangan manusia karena kedudukan mereka setelah para Nabi ‘Alaihimush Shalatu was Salam) dan tidak ada kedudukan diatas kedudukannya bagi orang-orang yang telah mencapai derajat mujtahid.”

Ini adalah keutamaan yang sangat besar. Kemarin juga sudah kita nukilkan bahwa sahabat yang mulia Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhuma menyebutkan:

الرباني: الذي يربي الناس بصغار العلم قبل كباره

“Alim rabbani adalah seseorang yang selalu mendidik manusia dengan ilmu secara bertahap (mendidik manusia dengan ilmu dari yang bersifat umum/garis besar kemudian ilmu yang lebih terperinci/detail).”

Ada juga yang mengatakan bahwa rabbani adalah orang yang memiliki ilmu yang bermanfaat dan senantiasa mengamalkannya. Maka ini kedudukan yang paling tinggi di antara manusia, tentu yang paling utama di antara mereka adalah para Nabi dan para Rasul ‘Alaihimush Shalatu was Salam.

Selanjutnya Ibnul Qayyim berkata bahwa termasuk dalam sifat rabbani adalah penyebutan sifat-sifat yang merupakan konsekuensi ilmunya. Berarti dia memiliki ilmu yang bermanfaat, dia semangat dalam menuntut ilmu, semangat dalam menyebarkannya, dia selalu menghiasi ilmunya dengan akhlak dan pengamalan yang benar. Sekaligus keluar darinya hal-hal yang bertentangan dengan ilmu itu sendiri.

Ada yang mengatakan bahwa alim rabbani adalah nisbah kepada Rabb, menunjukkan ilmu mereka adalah ilmu yang merupakan karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ada juga yang mengartikan rabbani diambil dari kata-kata tarbiyah, mereka selalu mendidik manusia dengan pendidikan yang benar.

Bagaimana penjelasan selanjutnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50278-makna-ulama-rabbani/